RSS

Aplikasi Prima Membantu dalam Mengawasi dan Memahami Tumbuh Kembang Anak

03 Feb

Bismillah,

Ada yang pernah dengar tentang aplikasi Prima? Aplikasi ini dibuat oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) lho. Alhamdulilah sekarang sudah terus berkembang dan update. Awal mula aplikasi ini memang sering nge-lag, tapi sekarang sudah jauh lebih baik. O iya, sifatnya Gratis! Senang banget bu-ibu kalau dengar kata gratis hehe.

Aplikasi PRIMA merupakan aplikasi digital yang diprakarsai oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebagai upaya untuk membangun anak Indonesia. Aplikasi PRIMA dapat mempermudah dokter spesialis anak dan orangtua di Indonesia dalam memantau tumbuh kembang anak sejak dini secara berkala dan berkelanjutan. Melalui Aplikasi PRIMA, dokter spesialis anak dan orangtua dapat memperoleh informasi yang diperlukan seputar kesehatan anak dengan praktis dan cepat dalam genggaman tangan.

Aplikasi PRIMA tersedia bagi dokter spesialis anak dan orangtua. Anda dapat memilih sesuai peran Anda. Aplikasi PRIMA memiliki fitur utama:
– Generasi PRIMA, yang dapat diakses oleh dokter spesialis anak dan orangtua.
– Skor Pediatri, yang dapat diakses oleh dokter spesialis anak sebagai alat bantu medis untuk memantau kesehatan anak.

Saran atau pertanyaan seputar aplikasi PRIMA dapat dikirimkan melalui e-mail ke:
prima.idai@idai.or.id

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar kesehatan dan tumbuh kembang anak, layangkan pertanyaan Anda di Klinik Konsultasi IDAI dengan mengunjungi website IDAI di: http://www.idai.or.id/

Pertanyaan Anda akan dijawab oleh dokter spesialis anak dalam waktu 2×24 jam pada hari kerja.

Apa saja manfaat yang didapat di sini:

Secara umum ada menu pilihan, jadwal vaksin, grafik tumbuh kembang (berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, body mass index, tinggi badan menurut berat badan), tahap perkembangan anak dan kondisi bahayanya yang harus diperhatikan, kuesioner ketika kunjungan ke dokter (apa aja yang harus ditanyakan, dipersiapkan, checklist yang harus dipenuhi), dan materi edukasi untuk orang tua hingga usia 18 tahun lho.

  1. Ada fitur mengenai jadwal vaksin. Kita bisa melihat dan mencatat untuk beberapa anak sekaligus. Hanya tinggal memasukkan nama dan tanggal lahir. Setelah itu, masukkan data vaksin yang sudah pernah dilakukan. Bila sudah pernah, maka kolom akan berubah warna menjadi kuning.
  2. Ada fitur otomatis melihat grafik tumbuh kembang dari WHO dan dilihat kesimpulannya, apakah normal, kurang, atau berlebih. Hanya setiap ingin melihat grafik harus masukin satu per satu sehingga belum simultan membentuk garis dari bulan ke bulan untuk melihat peningkatan atau penurunan.
  3. Ada fitur deteksi dini mengenai bahaya tumbuh kembang. Dilihat dari usia per bulannya. Bentuknya checklist ya atau tidak. Bisa dilihat hingga usia 6 tahun (72 bulan)
  4. Ada juga questionnaire yang disiapkan bila waktunya check up ke dokter. Ada pilihannya sesuai usia anak.
  5. Dan terakhir ada materi edukasi yang membantu orang tua dalam mendidik anak dan mengawasi mereka. Mendidik dalam memberikan stimulasi yang tepat supaya anak berkembang dengan optimal

Menurut saya Prima salah satu aplikasi yang penting dimiliki oleh orang tua. Insyaallah sumber terpercaya dari ahlinya yaitu dokter spesialis anak. Bisa digunakan sejak anak usia lahir hingga 6 tahun.

Rekomendasi buat prima yaitu tingkatkan beberapa pilihan terkait tumbuh kembang, misal penggunaan kpsp, grafik kms, jenis jenis penyakit yang harus diwaspadai (bisa sejenis kamus) dan juga simultan pertumbuhan yang dimasukkan ke dalam grafik.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Advertisements
 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: