RSS

cara menambah keimanan (radio rodja hari minggu 27 januari)

28 Jan

1. Membaca AlQuran dengan menghayati dan pemahaman.. Dirsukin ke dalam hati. Per ayat.. Tidak hanya dengan membaca saja..
Bila saat kita membaca Al-Quran, tetapi tidak menghayati, tidak masuk ke relung hati.. Bisa jadi hati kita sudah terkunci.. (Naudzubilla hi mindzalik..).. Pahami, pahami, hayati.. Insya Allah iman kita akan bertambah
2. Menghayati sifat-sifat Allah, hafalkan dan pahami maknanya.. Jangan hanya menyebutkan, tapi tidak tahu arti dan maknanya. Contoh: At-Tawwab. Allah Maha Pengampun, sebanyak apapun manusia melakukan dosa. Dosa, taubat, dosa, taubat. Asalkan tetap bertaubat. Mohonlah ampun terus menerus.
3. Baca dan pahami sejarah kehidupan Rasulullah salallahu allaihi wassalam. Bagaimana perjuangan beliau dalam berdakwah, beribadah, mengingat Allah.. Bagaimana beliau begitu menyayangi umatnya.. Insya Allah, iman kita akan terus bertambah.
4. Cari tahu dan dalami keindahan-keindahan Islam. Bagaimana Islam mengajari tentang membersihkan najis, memberikan keringanan-keringanan dalam setiap ibadah. Contoh: waktu dulu, shalat 50 waktu, Islam pun memberikan perubahan menjadi 5 waktu.
5. Baca dan pahami sejarah-sejarah sahabat dan ulama-ulama dulu. Contoh imam Ahmad. Imam Ahmad memahami bahwa bila seseorang merasa ingin mempelajari hadits dan Al-Quran, bangunlah di sepertiga malam terakhir.
6. Memahami ayat-ayat kauniyah. Melihat Alam dengan bersyukur dan memuji asma Allah atas keanekaragaman yang ada. Jangan malah bersifat keduniawian saja.. Untuk foto ataupun melihat aurat.. Contoh: aneka tanaman yang berbeda-beda jenisnya. Ada bunga mawar, melati, pohon besar.. Tapi walaupun bermacam-macam, yang dibutuhkan hanya satu, sama semua, yaitu air.. Yang diturunkan oleh Allah.
7. Bersungguh-sungguh dalam setiap ibadah. Setiap, shalat, zakat, puasa, amal-mal lainnya. Bersungguh-sungguh hingga mati, dan masuk surga. Ketika sudah meninggal dan masuk surga, barulah berhenti beribadah.

Yang membuat turun iman seseorang:
1. Kebodohan. Hal yang paling penting. Karena kebodohannya dia melaksanakan yang menurut dia benar, padahal Allah tidak memerintahlan dan itu diada-adakan (bid’ah). Menurut dia amalannya diterima, padahal tidak. Karena itu ilmu merupakan hal yang penting.
2. Setan
Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi keimanan seseorang. Cara menghindarinya yaitu dengan membaca taawudz, mengingat Allah, dzikir pagi petang πŸ™‚
3. Hawa nafsu
Apabila mengikuti hawa nafsu secara berlebihan ataupun melaksanakan hawa nafsu yang tidak baik, hanya fokus pada dunia, di akhirat maka dia tidak akan mendapat apa-apa. Padahal yang harus menjadi tujuan utama hidup di dunia yaitu melaksanakan amalan untuk akhirat.
4. Fitnah dunia. Seperti kemiskinan
5. Teman yang buruk. Yang buruk akhklaknya. Dilarang karena manusia itu punya kebiasaan suka meniru. Contoh, bila berteman dengan 9 orang yang tidak shalat, dan sedang berkumpul dengan mereka, ujung-ujungnya sebagai si minoritas (hanya 1 orang) bisa ikut tidak shalat.

Allahualam bi shawab.. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on January 28, 2013 in Islam

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: