RSS

Kuliner di Bogor: Mencicipi Rasa Khas Bogor ^^

27 Dec

Akhirnya mempost di blog lagi.. hehe..

Kali ini ingin membahas terkait dengan kuliner di Bogor. Khususnya yang pernah saya kunjungi dan makan di tempat tersebut :).

1. Rumah makan seafood di dekat air mancur (lupa namanya apa.. hehe)

Lupa nama rumah makannya apa, tapi akan sangat mudah terlihat saat ke air mancur Bogor. Lokasinya persis di samping masjid, agak jalan sedikit sih… Kalo dari stasiun bogor cuman tinggal naik angkot 07 depan KFC, bilang turun di air mancur. Di sini saya sering makan bareng teman, mesen udang rica-rica dan guramenya. enak banget dan harganya juga terjangkau. 50 ribu berdua udah sama 3 lauk, udang goreng tepung, cah kangkung, cumi, sama sop buah. Bagus untuk dicoba sekalian ganti angkot kalau yang ingin ke arah jambu jalan baru (KH.Sholeh Iskandar).

2. Bebek h. slamet di air mancur

Di sini pertama kalinya saya makan bertiga bareng adik dan teman. Waktu itu mesen bebek bakar, tiga-tiganya. Sambal yang dikasih mantep banget bagi yang suka pedas, keringetan pol, dan rasa bebeknya yummy banget. Harganya sekitar 20.000 ke bawah, 18000 kalau ngga salah. bebeknya empuk dan pas dimakan bareng dengan nasi putih. Biasanya ramai kalo di weekend. Lokasinya persis di samping rumah makan seafood yang di air mancur. Nuansanya agak remang-remang dan lesehan, cocok buat keluarga ataupun pasangan.

3. Martabak Air Mancur

Martabak ini udah terkenal banget di bogor sebagai martabak yang enak banget. Variasi rasanya sangat banyak. Paling enak kalau menurut saya martabak kejunya.. ngga nahan hehe.. harganya memang agak tinggi tapi terbayar lunas dengan rasanya. Lokasinya dekat air mancur, namun bersebrangan sama bebek h.slamet dan rumah makan seafood.kalau dari stasiun bisa naik angkot 12, turun di air mancur, tinggal nyebrang. cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

4. Agri Park di taman kencana

Saya paling suka di agri park ini suasananya yang remang-remang, banyak pohon, dan lilin. Cocok kalau yang mau candle light dinner. Paling sering kalau di sini mesen iga bakarnya. Iga bakar madu nya empuk dan enak banget. Walaupun harganya cukup tinggi 49 ribu, tapi enak banget buat makan malam dan memanjakan diri. tempatnya enak untuk keluarga ataupun pasangan. Lokasinya juga strategis di dekat taman kencana. Kalau dari stasiun bogor tinggal naik angkot 03 terus turun di taman kencana, jalan sedikit (mungkin lebih baik menanyakan ke orang pas di taman kencana ini, tapi masih di sekitar taman kencana qo).

5. Macaroni scotel di taman kencana

Macaroni scotel ini mungkin udah sering terdengar oleh orang Jakarta karena hampir sebagian besar penduduk Jakarta yang datang ke Bogor, mampir ke sini. Macaroni yang dijual ini bisa dibawa pulang ataupun dimakan di tempat. Ukurannya ada yang small untuk 1-2 orang, medium untuk 3-4 orang, dan big 5-6 orang. Ada yang special (pake daging, keju gitu), sama yang biasa aja. Rasanya lumayan enak. Tapi enakkan buatan sendiri hehe. Selain maccaroni ini juga ada menu lainnya. Yang paling sering berkunjung biasanya keluarga dan sekumpulan teman. Di sini juga bisa candle light dinner. Di samping maccaroni scotel, ada lasagna gulung, namun, belum pernah saya coba. Untuk mencapai maccaroni scotel ini dari stasiun cukup naik 03 arah terminal dan turun di taman kencana. Taman kencana memang tempatnya kulineran.. 🙂

6. Es Buah Pak Ewok di Taman Kencana

Yang perlu dicoba juga di taman kencana. Es buah yang seger banget. Harganya sekitar 8000 dari yang terakhir saya datang. Di sini lokasinya agak masuk dari taman kencana jadi butuh nanya-nanya orang di sekitar aja supaya ngga tersesat. Kuah dari es buah ini bisa dicampur susu ataupun jeruk. Rasanya enak dn juga tempatnya rame banget. Terkadang harus menunggu hingga pengunjung lain selesai. Selain es buah ada berbagai jenis makanan lainnya, seperti dim sum, siomay, mpek-mpek, kentang goreng dan lainnya. Harganya cukup terjangkau :).

7. Pizza Kayu Bakar di Taman Kencana

Satu tempat lagi yang unik dan harus dikunjungi ketika mampir di taman kencana. Lokasinya cukup strategis, dekat hotel mirah. Suasananya homy banget, jadi berbentuk rumah tempo dulu yang dijadikan rumah makan. Di sini yang terkenal pizza kayu bakarnya yang berbeda dari pizza biasa dalam proses masaknya. Sayang, saya belum pernah mencoba, karena sudah keburu kenyang dengan makanan lainnya. Di menu yang disajkan ada beberapa tanda yang memang laris, untuk yang pertama kali datang bisa mengikuti tanda-tanda buat menu yang paling larisnya. Waktu itu saya dengan teman saya memesan ifu mie dan nasi sapi ada hitam. Disajikan menggunakan hotplate. Ifu mienya enak banget.. yummy.. nasi sapi lada hitamnya juga, cuman karena waktu itu panas banget, liah saya keburu terbakar, jadi agak mati rasa. Minuman waktu itu mesan es kelapa sari jeruk. Minuman yang menyegarkan dan layak untuk dicoba. Tempatnya selalu ramai, jadi siapa cepat dia dapat. Pelayanan agak sedikit kurang karena pelanggan dibiarkan menunggu saat akan mencari tempat (tidak dipastikan oleh waitressnya, tapi mungkin karena saat itu rame banget kali ya). Cocok buat keluarga besar juga.

8. Bebek Dubes di arah Sukasari

Terletak di jalan suryakencana di tengah-tengahnya. Bila dari stasiun bogor naik 02 dan berada di sisi kanan jalan (jadi pas turun harus nyebrang). Bebek dubes ini ada twitternya di @bebekdubes yang sering memberikan informasi menu-menunya dan promo tentunya. Waktu itu saya memesan bebek panggang madu dan bebek selimut hijau, yang harganya kisaran 17.000 – 18.000. Yummy banget, lembut, bumbunya meresap, dan nyaman dimulut ngga bau amis, dsb. Cocok untuk makan siang dan pagi. Tempatnya cukup nyaman, walaupun di pinggir jalan raya, tapi cukup jauh karena tempat parkir yang luas. Untuk bebek selimut hijaunya cocok buat yang suka pedas, dan siapkan air hangat untuk menetralisirnya.

9. Es Sekoteng di Samping Bogor Permai

Lokasinya tepat di samping bogor permai. Dari stasiun naik angkot 12 turun di Bogor Permai. di sini mirip warung pinggiran dan banyak beraneka jenis makanan selain es sekoteng ini. Lokasinya padat dengan pelanggan sehingga siapa cepat dia dapat. Isi dari es sekoteng ini ada bubur mutiara dan beberapa buah. Selain es sekoteng ada siomay juga yang siap menemani. Harganya cukup terjangkau. Disarankan untuk tidak datang pas hari hujan.

10. Daiji Ramen di Villa Duta

Waktu itu makan di sini pas bareng dengan kaka dan adik. Mesan ramen. Di sini benar-benar disesuaikan dengan nuansa Jepang. Rasa ramennya enak. Yang paling spesial di sini ada Ochadzilla. Sebuah minuman dari ocha yang dicampur dengan susu. Gelasnya gede banget, cukup untuk berdua. Rasanya enak.. 🙂  Kalau dari stasiun harus naik angkot 02, turun depan kebun raya, ganti angkot 13 turun di villa duta.

11. Mie Yamin di Gang Selot dekat SMAN1 Bogor

Letaknya disamping SMP dan SMAN 1bogor. Di sini memang sering jadi tempat jajan langganan anak-anak SMP dan SMA. Saya terakhir kali makan di sini ketika SMA. Di sini terkenal mie yamin dan baksonya. Harganya cukup terjangkau karena sesuai dengan kantong anak sekolahan. Selain mie yamin ada juga toge goreng dan mpek-mpek. Kalau dari stasiun bisa jalan kaki melewati depan smp dan sma budi mulia atau bagi yang malas jalan kaki bisa naik angkot 02 atau angkot 10 ke arah sukasari. (Lokasinya cukup dekat dari satsiun hanya sekitar 20 meter.

12. D’Leuit Resto Keluarga

Di sini cocok banget kalau ngadain acar keluarga. Letaknya di jalan pakuan samping gramedia padjajaran, depan SMAN3 Bogor. Kalau dari stasiun naik 03 turun di Gramedia Padjajaran. Jalan sedikit sampai depan SMAN 3 Bogor. Di sini paling terkenal nasi Jambalnya bareng sama sayur asem.. hmm yummyy.. sunda pisan hehe..

Segitu aja review beberapa tempat makan yang saya kunjugin. Inginnya bisa lebih detail dan ada fotonya. Mungkin nanti akan saya bahas lagi dengan lebih detail 🙂

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on December 27, 2012 in Kuliner

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: