RSS

Menjadi Ibu Sehat, Mempersiapkan Pra Nikah – Seminar oleh Asma Nadia

03 Feb

Menjadi seorang istri dan ibu merupakan dambaan setiap kaum hawa. Untuk menjadi istri dan ibu yang baik dibutuhkan sebuah proses perubahan pada diri masing-masing. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah usaha, antara lain:

  • Membangun kesiapan fisik dan Membangun hidup yang sehat

Fisik yang kuat dan sehat merupakan hal yang penting dimiliki oleh seorang ibu. Contohnya yaitu dengan mengatur pola makan. Bila diri sendiri saja belum bisa diatur, bagaimana dapat mengatur makan anaknya. Memilih makanan juga merupakan hal yang penting, tidak bisa asal mengambil makanan yang disukai tanpa memikirkan kandungan yang dimilikinya. Minuman juga bukan hal yang bisa dilupakan, tapi harus dilaksanakan, terutama meminum air putih yang cukup.

Pola hidup bersih juga hal yang penting. Sebagai seorang wanita harus bisa menjadi sosok yang lebih sensitive terhadap kebersihan. Contoh sensitive terhadap bau kondisi badan, kebersihan kaus kaki, bau mulut (terutama ketika puasa)

  • Membangun kesiapan akal

Cara membnagun kesiapan akal yaitu dengan banyak membaca. Fenomena saat ini yang terjadi yaitu dengan melihat harga buku yang Rp 50.000 termasuk mahal, padahal membeli baju yang banyak tidak dikatakan mahal. Apabila buku saja sudah dianggap mahal, lalu bagaimana membangun budaya membaca pada anak.

Seorang laki-laki itu menghargai perempuan yang pintar. Laki-laki sangat senang dengan perempuan yang diajak mengobrol bisa nyambung apapun.

Selanjutnya yaitu dengan mengatasi phobia jangan takut dengan hal lain. Jangan sampai hal ini akan mempengaruhi kreatifitas anak suatu saat nanti.

  • Melatih berpikir dalam menambah wawasan dan berpikir kreatif

Intinya, ketika mendapatkan sebuah keberhasilan, jangan puas mendapatkan keberhasilan yang pertama. Hal ini untuk melatih pola piker untuk terus maju. Contohnya seperti dalam pembuatan skripsi, buatlah skripsi dengan sebaik mungkin karena bisa saja nantinya skripsi tersebut dapat dibukukan. Buatlah konsep menantang terhadap segala tindakan yang dilakukan.

  • Menjauhi Maksiat

Sikap menjauhi maksiat merupakan sikap yang sangat penting. Selain merupakan perbuatan dosa, terdapat sebuah hadits yang enjelaskan bahwa “perempuan baik untuk laki-laki yang baik”. Oleh karena itu, jangan sampai melakukan hubungan di luar nikah. Jangan pernah percaya sama ikhwan. Ikhwan dapat dilihat dengan cara dari kesungguhannya, kalo dia sungguh-sungguh dia tidak akan merusak kaum perempuan, ktia.

  • Membangun kesiapan ruhiyah

Membangun kesiapan ruhiyah caranya dengan memperbanyak ibadah dengan melakukan hal-hal yang kecil. Caria pa yang belum, missal qiyamul lail tidak mampu 11 rakaat, maka 2 rakaat + 1 rakaat. Doa-doa ditambah, tidak hanya doa untuk masa sekarang, tetapi juga untuk masa yang akan dating. Selanjutnya yaitu dengan menguatkan sandaran kepada Allah. Jadilah wanita mandiri yang bergantung hanya kepada Allah.

“Dalam memilih calon pasangan hidup, bukan hanya karena jatuh cinta, tetapi mengikuti ketetepan al-Quran, disetujui kedua buah keluarga, dan memiliki kecocokkan di antara 2 insan tersebut”

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on February 3, 2012 in wanita(akhwat)

 

2 responses to “Menjadi Ibu Sehat, Mempersiapkan Pra Nikah – Seminar oleh Asma Nadia

  1. Nabila Firdausi

    February 4, 2012 at 10:50 pm

    waahh subhanallah..
    membaca artikel ini aku jadi makin bersiap diri, hehehe..
    semoga kita lancar jodoh, lancar rezeki, amiiin 🙂

     
  2. antonaisyah

    January 7, 2013 at 3:06 pm

    Reblogged this on antonaisyah and commented:
    Salah satu seminar pra nikah yang khusus bagi wanita

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: