RSS

Social Entrepreneur Muda untuk Indonesia

30 Jun

Social Entrepreneurship merupakan pendekatan praktis, inovatif, dan berkelanjutan untuk memberi keuntungan kepada masyarakat umum (profit for public), dengan tekanan kelopmpok marjinal dan miskin[1].  Setiap orang, apalagi seorang pemuda, dituntut untuk memiliki solusi inovatif untuk menyelesaikan persoalan sosial di sekitarnya. Dengan sikap bertekad kuat dan konsisten dalam mencari alternatif pemecahan permasalahan.

Kewirausahawan merupakan sebuah Proses. Proses ini terdiri dari identifikasi kesempatan yang ada, mengembangkan konsep, menentukan SDM atau dana, mengupayakan sumber daya utama, menjalankan dan mengelola sumber daya tersebut, dan menumbuhkan usaha.

Pemerintah pun turut membantu usaha sosial yang akan dilaksanakan dalam bentuk KUBE yang terdiri dari beberapa jenis bidang usaha yang bisa dikembangkan untuk menjadi Social Entrepreneurship. Bidang ini bisa meliputi bidang pertanian, peternakan, perikanan, kerajinan rumah tangga, kuliner dan jajanan, pengolahan sampah atau limbah, dan lain.lain.

Peran pemuda dalam usaha sosial terdiri dari menciptakan lapangan kerja, membantu mengurangi beban pemerintah dalam mengatasi pengangguran, menekan angka kemiskinan, dan memperkuat pertumbuhan ekonomi baru.

Saat ini permasalahan sosial yang sedang dihadapi oleh Indonesia yaitu di bidang pendidikan dan bidang lingkungan. Bidang pendidikan di sini terutama dengan membantu pendidikan untuk anak- anak yang merupakan sebuah bibit-bibit untuk meningkatkan kemajuan bangsa. Pendidikan ini terutama dalam bidang  pengembangan ilmu dan teknologi agar anak-anak Indonesia mau mengembangkan minat tulis menulis dan praktik di bidang ilmu science. Dengan melakukan praktikum secara langsung di tingkat anak-anak SD akan membantu dalam proses pengembangan cara berpikir si anak sehingga memperkenalkan anak SD ke dalam bidang praktikum IPA bukanlah merupakan  sebuah masalah karena proses penambahan ilmu bisa dimulai sejak masih usia dini.

Usaha sosial yang bisa dilakukan oleh pemuda dengan ilmu bidang science yaitu dengan mengembangkan laboratorium keliling untuk SD-SD di Indonesia. Praktikum IPA di sini akan memperkenalakan bahwa mata pelajaran IPA merupakan hal yang meneyenangkan dan memberi tahu bahwa banyak hal yang bisa diaplikasikan di dunia saat ini sehingga akan menumbuhkan minat anak tersebut di masa mendatang untuk mengembangkan teknologi yang bisa digunakan untuk kemajuan Indonesia.

Selain itu pengembangan lainnya usaha di bidang sosial-lingkungan yang bisa digunakan oleh akademisi yaitu dengan selalu menghemat kertas yang digunakan. Tugas dan laporan yang dikumpulkan per harinya telah menghabiskan jumlah kertas yang tidak sedikit. Jumlah kertas ini, padahal bisa dikurangkan dengan metode penggunaan kertas bolak-balik. Selain itu, di dalam tempat fotokopian di fakultas pun bisa dikembangkan fotokopi dengan menggunakan kertas bekas yang masih layak pakai untuk fotokopi sehingga penggunaan kertas akan bisa lebih optimal.

Dari kedua usaha di atas, selain mendapatkan profit dan memunculkan usaha baru, pemuda juga bisa membuktikan diri untuk membantu permasalahan sosial yang ada di masyarakat. Solusi dengan praktikum keliling akan membantu permasalahan di bidang pendidikan dan mengembangkan usaha baru yang bisa membantu kerja pemerintah untuk mengurangi pengangguran. Solusi yang kedua terhadap permasalahan lingkungan pun bisa memberikan profit penjualan kertas bekas layak pakai ke beberapa tempat dan mengurangi penggunaan jumlah kertas.

Aisyah Iadha Nuraini

Teknik Industri Universitas Indonesia


[1] Presentasi Pembinaan Social Entrepreneurship bagi Generasi Muda. Dr. Salim Segf Al-Jufri Menteri Sosial RI.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 30, 2011 in opini

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: