RSS

Empat Hal Sederhana untuk Menyelamatkan Bumi

18 Jun

Apa yang sudah kamu lakukan untuk bumi? Pertanyaan mendasar yang seharusnya bisa dijawab oleh setiap orang karena setiap orang memiliki kewajiban di dalamnya.  Bumi yang telah kita hidupi selama ini memiliki hak nya untuk dirawat.

Mahasiswa sebagai agent of change memiliki fungsi untuk melakukan suatu tindakan baru yang menginspirasi dan membantu mastyarakat di sekitarnya. Mengapa? Karena mahasiswa dengan intelektual yang dimiliki harus bisa membangun dan mengembangkan hal-hal yang dipelajarinya untuk diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari. Dimulai dari hal yang sederhana, yaitu menjaga lingkungan di kampusnya. Berikut ini langkah-langkah sederhana yang bisa diterapkan oleh setiap mahasiswa:1.       Mengurangi penggunaan kertas

Lembaga pendidikan merupakan salah satu institusi yang menggunakan kertas paling banyak untuk keperluan sehari-hari. Konsumsi kertas per kapita tahun 2006 adalah 27 kg. Konsumsi ini dimulai dari tugas kuliah yang membuat laporan hingga memfotokopi buku yang dibutuhkan. Kertas yang digunakan tidaklah sedikit dan masih berupa kertas yang masih baru. Padahal beberapa waktu kemudian kertas itu begitu mudah tertinggal di dalam kelas atau terbuang di tempat sampah. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran untuk mahasiswa untuk selalu menggunakan kertas bekas atau print bolak-balik untuk kegiatan dengan penggunaan kertas yang tidak mendesak. Mahasiswa juga bisa memberikan saran kepada dosen agar laporan yang dikumpulkan diperbolehkan untuk menggunakan kertas bekas atau print bolak-balik. Di tempat fotokopian pun bisa menjadi tempat penampungan kertas-kertas yang tidak digunakan kembali dan bisa digunakan sebagai kertas fotokopi dengan harga yang lebih murah.

2.       Membawa minuman dan makanan dari rumah

Makanan dan minuman merupakan hal yang utama untuk mahasiswa dalam menunjang aktivitas di kampus. Sebagian besar mahasiswa akan membeli minuman kemasan dan makanan di kantin kampus. Jumlah sampah dari minuman kemasan yang dibeli tidaklah sedikit. Diperkirakan hampir 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik dikonsumsi di seluruh dunia setiap tahunnya. Artinya hampir 1 juta kantong plastik per menit.  Langkah untuk menguranginya yaitu dengan membawa botol minuman masing-masing. Hal ini tentunya akan mengurangi jumlah sampah yang ada. Selain itu juga kerja sama dari pihak kampus yang menyediakan air minum isi ulang akan memotivasi mahasiswa untuk membawa botol minum sendiri karena hanya membutuhkan biaya yang murah dan praktis.

 3.        Mengurangi pemakaian barang elektronik

Hasil dari penelitian membuktikan bahwa semakin tinggi pendapatan seseorang maka jumlah pemakaian listrik yang digunakan juga akan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan jumlah barang elektronik yang dibeli pun semakin bertambah. Alat-alat elektronik yang digunakan oleh mahasiswa tidaklah sedikit, dimulai dari laptop, handphone, ipad, dan lainnya. Tidak hanya satu, tetapi dua yang dimiliki. Peran mahasiswa di sini yaitu dengan membatasi dirinya dengan memahami kebutuhan yang memang diperlukan. Tentunya hal ini akan mengurangi penggunaan energi yang digunakan.

4.       Mengurangi penggunaan spanduk dan poster

Publikasi aktivitas yang dilakukan baik dari organisasi kampus ataupun lembaga formal sangatlah banyak. Spanduk, flayer, dan poster sering terlihat di sekeliling kampus. Setelah kegiatan terlaksana, akan timbul banyak sampah yang ada. Sampah-sampah ini bisa dikelola oleh mahasiswa dan dijadikan produk lainnya yang bermanfaat. Hal lainnya tentu dengan cara memanfaatkan media internet untuk publikasi kegiatan sehingga sampah akan berkurang.

Empat hal di atas merupakan langkah-langkah sederhana yang tentunya bisa dilakukan oleh mahasiswa. Walaupun hanya langkah kecil, tapi akan berdampak besar. Walaupun dampaknya tidak terlihat sekarang, akan ada hasilnya di masa yang akan datang. Kita tunjukkan bahwa mahasiswa benar-banar seorang agent of change!

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on June 18, 2011 in opini

 

2 responses to “Empat Hal Sederhana untuk Menyelamatkan Bumi

  1. arik

    June 22, 2011 at 10:43 am

    ingat lagi satu……..penanggulangan sampah plastik!!!

    save our earth

    salam kenal

     
    • aisyahiadha

      June 23, 2011 at 12:59 am

      iya, itu hal yang paling penting, tks ya..
      salam kenal juga 🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: