RSS

Ringkasan saat Pelatihan Kepemimpinan Nasional (Part 1)

24 Aug

Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatuh….

Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga nulis ini di blog, padahal udah lama banget hal ini ingin diwujudkan namun adanya aktivitas lain membuat selalu tertunda. PKN yang diadakan sebagai tanda masuknya sebagai peserta PPSDMS memberikan sebuah wawasan baru yang dapat merubah pola pikir seseorang. Banyak pengetahuan ini yang mungkin ngga bisa diraih oleh orang lain. Karena hal itu, aku ingin membagi  apa yang sudah didapat ke temen-temen seklian, sekalian agar pengetahuan ini tertuliskan, dan bisa tersimpan hingga zaman selanjutnya.

Tulisan ini dimulai dari ringkasan pada pelatihan MHMMD(Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan). Pelatihan ini sangat ‘mengena’ untuk saya. Mengingatkan bahwa hidup itu tidak begitu saja harus mengalir, namun harus direncanakan sebaik mungkin. Perencanaan ini kalo bisa harus sedetail mungkin, misalnya ingin menikah di mana…(it’s just an example)…oK…daripada lama-lama, ini nih hasil ringkasan saya:

Kamis/29 Juli 2010/08:15WIB

Leadership Training: Mengelola Hidup, Merencanakan Masa Depan

Ibu Marwah Daud Ibrahim

Setiap nafas yang diberikan oleh Allah harus selalu disyukuri dalam setiap detik dimulai dari kita bangun. Hal ini merupakan nikmat yang wajib kita sykuri. Waktu yang diberikan juga merupakan nikmat, ingatlah waktu kita hidp dalam sehari yaitu selama 24 jam, 1440 menit, dan 86400 detik. Sungguh waktu yang cukup banyak untuk melakukan berbagai aktivitas, dari urusan dunia hingga akhirat.

Setiap makhluk yang diciptakan oleh Allah memiliki tujuan yang khusus dan setiap orang memiliki potensi yang harus ditunaikan dalam hidupnya. Esensi dari sebuah kesuksesan yang diraih yaitu berhasil menjalankan dan mengaktualisasi potensi yang diberikan oleh Allah. Sehingga suatu prinsip yang ditekankan kepada para peserta yaitu ‘setiap orang wajib sukses!’ Tidak ada orang di dunia ini yang tidak bisa sukses. Apabila orang lain bisa sukses maka anda pun pasti bisa, ketika orang lain tidak bisa maka anda harus bisa. Prinsip ini wajib dipegang oleh semua orang karena semua orang pasti memiliki potensi.  Namun, kesuksesan juga membutuhkan seorang sahabat yang bisa saling megingatkan agar tidak lupa dalam tujuan yang ingin dicapai.

3 in 1 manusia:

  1. Khalifah (hidup lebih bernilai dengan melaksanakan amanah setiap detiknya)
  2. Hamba (melaksanakan ibadah 165)
  3. Makhluk (Menjalani hidup)

Manusia merugi (QS. Al-Ashr:1-3), kecuali:

  1. Beriman (SQ)
  2. Beramal Shaleh (AQ)
  3. Kebenaran (IQ)
  4. Kesabaran (EQ)

Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa yaitu SDA”(sumber daya alam), jumlah penduduk yang luar biasa, dan sumber daya pendukung. Namun, terdapat ironi yaitu Indonesia merupakan pengimpor pertanian terbesar di dunia (2005), 3T (sarjana tidur, lahan tidur, dana tidur (dana untuk konsumtif bukannya produktif)), dan pendapatan per kapita yang rendah. Apabila Indonesia begini terus-menerus maka akan menimbulkan scenario 3B (scenario Indonesia pada tahun 2045), yaitu:

  1. Indonesia Bangkrut
  2. Indonesia Bubar
  3. Indonesia Bangkit!

Negara-negara lain yang sukses seperti China, Jepang, dan AS memiliki sikap yang sama yang diterapkan oleh masyarakatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu kerja keras, hemat, dan meningkatkan bidang pendidikan. Apabila Indonesia ingin beruah lakukanlah hal tersebut dan terapkan.

Setiap mind set orang Indonesia harus dirubah. Mulailah berpikir bahwa setiap orang memiliki potensi. Yakinlah kalau orang lain bisa saya juga harus bisa. Kalau orang lain tidak bisa, saya harus tetap berusaha harus bisa. Setiap orang memiliki peluang, dan apabila anda melihat sebuah peluang fokuslah pada satu bidang. Lakukanlah 5 hal berikut ini:

  1. Lihat peluang
  2. Lihat Kekuatan
  3. Positif dalam berpikir dan bertindak
  4. Berpikir Optimis
  5. Buatlah perencanaan. Perencanaan ini bisa dibuat dari kita lahir di dunia hingga umur 70 tahun nanti. Tulislah mimpi-mimpi yang ingin dilakukan karena Allah Maha Mendengar. Mimpi-mimpi ini tulisa saja setinggi-tingginya karena kita tidak tahu bahwa mimpi yang tulis bisa terkabul.  Kemudian buat per 5 tahun untuk menggambarkan tindakan yang lebih jelas, per 1 tahun untuk hal-hal yang lebih terinci, dan per hari untuk melihat keseluruhan aktivitas.

Ini nih contoh life plan(peta hidup) yang dibuat oleh seorang anak…

Inilah hasil ringkasan saya…mungkin lebih lengkapnya bisa baca buku ibu marwah, atau liat ke webnya http://mhmmd.net/file/

(bukan bermaksud promosi, tapi emang bagus qo…)

kelanjutannya di part 2 ya..

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on August 24, 2010 in Ringkasan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: