RSS

Janji Allah kepada Orang yang Beriman

21 Aug

Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatuh…

Hari ini, 9 Ramadhan, alhamdulillah saya masih diberikan nikmat sehat untuk menjalankan aktivitas seperti biasanya. Aktivitas ini dimulai dari pagi-pagi sahur hingga saat ini browsing (setelah kultum). Kultum hari ini dibawakan oleh saudari yang diamanahkan sebagai ketua asrama periode 4 bulan ke depan, temanya yaitu Janji Allah kepada orang yang beriman:

Di dalam Al-Qur’an Allah telah menjelaskan janji-janji yang akan diberikan bagi hamba-Nya yang beriman. (Dibagi per poin-poin)

1. Menjadi khalifah di muka bumi

Terdapat dalam firman Allah QS. An-Nur: 55. “Allah menjanjikan orang-orang yang beriman dan beramal soleh dari kalangan kamu bahwa ia akan menjadikan mereka khalifah-khalifah yang memegang kuasa pemerintahan di bumi;sebagaimana ia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka sebagai khalifah yang berkuasa;dan ia akan menguatkan dan mengembangkan Agama mereka(islam)yang telah di ridhai-Nya untuk mereka.”

Dalam ayat ini, setiap orang yang beriman dan beramal sholeh akan djadikan khalifah-khalifah di muka bumi. Orang yang beriman, insya Allah dia akan bertindak dan melakukan amal sholeh ‘karena cukup patut dipertanyakan apabila dia seseorang yang beriman tetapi dia tetap melakukan hal yang munkar’.

2. Mendapat pertolongan Allah

 

“Dan adalah menjadi hak (tanggungjawab) Kami untuk menolong orang-orang yang beriman.” (QS. Ar Rum:47)

“Jika Allah menolong kamu,maka tiadalah yang dapat mengalahkan kamu,jika Allah membiarkan kamu(tidak memberikan pertolongan)maka siapakah yang dapat menolong kamu selain Allah.” (QS. Ali Imran:160)

Dalam meminta pertolongan, yakinlah selalu bahwa hanya Allah yang dapat menolong kita kapanpun, dimanapun, bagaimanapun. Hanya Allah yang dapat menolong.

3. Mendapat Pembelaan Allah

“Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang beriman.” (QS. Al Hajj:38)

4. Menjadi wali Allah

QS. Al-Baqarah:257

QS. Yunus: 62-63

5. Mendapat Hidayah atau Petunjuk

“Sesungguhnya Allah adalah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.” (QS. Al Hajj 54)

6. Orang kafir tidak dapat menguasai mereka (Muslim)

QS. An-Nisa:141

“…Dan Allah tidak sekali-kali akan memberi jalan kepada orang-orang kafir untuk memusnahkan orang-orang yang beriman.”(QS. An-Nisa: 141)

Keadaan saat ini, di mana orang Islam dibunuh dan dilakukan tindakan-tindakan yang sewenang-wenang karena saat ini mereka tidak menjalani hidup seperti yang ditentukan Allah dan tidak melaksanakan syarat yang telah ditetapkan oleh Allah, yaitu menjadi orang yang beriman.

Masih banyak perlakuan yang diterima oleh orang muslim saat ini tidak menunjukkan adanya kebebasan dalam beribadah. Contohnya saja ketika seorang Yahudi yang memanjangkan jenggotnya, mereka dianggap sebagai orang yang taat. Namun, orang muslim yang memanjangkan jenggotnya, ada yang dibilang sebagai teroris.

Kemudian, wanita muslimah yang ingin menjalankan kewajibannya untuk menutup aurat masih dipersulit dalam hal memasuki perguruan tinggi, atupun lapangan pekerjaan.”

7. Mendapatkan rizki yang baik dan juga keberkahan

QS. Al-A’raf:96

“Jikalau sekiranya penduduk kota beriman dan bertakwa pasti kami akan melimpahkan mereka berkat dari langit dan bumi tetapi mereka mendustakan ayat-ayat kami ,maka kami siksa mereka disebabkan perbuatan mereka.”

8. Mendapat Kemuliaan

9. Mendapat Kehidupan yang baik

QS. An-Nahl: 97

Inilah janji Allah kepada orang-orang yang beriman, orang yang siap berkorban apapun untuk Allah, orang yang menjalani segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

* Kultum dari Ketua Asrama yang bersumber dari http://groups.yahoo.com/group/mencintai-islam/

Sebuah pemikiran dari seorang kakak perempuan kami:

“Iman merupakan suatu landasan yang paling mendasar. Iman berarti percaya bahwa Allah Tuhan Semesta Alam.

Terdapat 3 pertanyaan mendasar yang harus kita renungkan dari keimanan kita saat ini:

  1. Apakah keimanan yang kita miliki saat ini merupakan keimanan yang kita gapai sendiri ataukah hanya karena keturunan yang diturunkan dari orang tua kita?
  2. Dari rukun iman (iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, Iman kepada Al-Qur’an, Iman kepada Nabi dan Rasul, Iman kepada hari kiamat, dan iman kepada Qada dan Qadar), yang mungkin bisa dibilang abstrak (kasat mata), mengapa daat merubah suatu peradaban?
  3. Mengapa iman menjadi kunci utama yang membedakan antara orang kafir dengan orang yang muslim yang beriman? Padahal, banyak orang kafir yang melakukan perbuatan amal-amal baik, namun akan masuk neraka apabila dia tidak beriman kepada Allah.

Alhamdulillah, inilah sedikit rangkuman yang bisa ditangkap dari kultum tadi pagi. Semoga dapat bermanfaat. Apabila terjadi kesalahan, maka kesalahan itu dari saya, dan mohon perbaikannya.

 

* Untuk saudari kita Avina, semoga lekas sembuh, dan bisa berkumpul bersama kita lagi…^^

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on August 21, 2010 in Islam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: