RSS

Tarawih hingga akhir…

20 Aug

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda,

إِنَّهُ مَنْ
قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya  pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani dalam Al Irwa’ 447 mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Saya selalu berpikir sebelumnya, ketika saya pulang begitu saja saat rakaat ke-8 selesai tidaklah mengapa. Saya melakukan hal tersebut di awal Ramadhan tahun ini karena saya baru mengikuti untuk yang pertama kalinya shalat tarawih di Masjid dengan jumlah rakaat 23. Namun, betapa meruginya saya saat-saat itu. Saya telah kehilangan pahala qiyam satu malam penuh. Di saat orang berburu banyak pahala di Ramadhan ini, saya begitu saja meninggalkannya. Ketika saya mengetahui hadist ini saya langsung beristighfar dan bertekad bahwa saya bisa mengikuti imam shalat hingga selesai witir…

 
Leave a comment

Posted by on August 20, 2010 in Islam

 

Leave a Reply

 
